-->
We come with the latest version 1.25, get this template for only Rp 150k, Buy now!

Pantai Soge, Pantai Indah di Pacitan yang mirip Great Ocean Road di Australia



Saat kalian melakukan perjalanan darat melewati jalur Pantai Selatan (Pansela) Kabupaten Pacitan, bolehlah mampir sejenak menikmati keindahan pantai Soge. Pantai yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo ini hanya berjarak sekitar 24 kilometer dari pusat kota.

Keberadaan Pantai Soge adalah bukti betapa luar biasanya keindahan Nusantara ini. Suasana pantai ini masih alami dan perawan. Air lautnya yang biru memesona hati saat memandangnya. Bahkan juga pemandangan disepanjang perjalanan menuju ke sana juga menawan hati.

Pantai sage memiliki banyak hal untuk dibanggakan. Mulai dari pasir pantai yang putih lembut. Juga diperkaya dengan ada nya danau air payau di bawah teduh naungan daun pohon kelapa. Danau yang nyaman dan bisa dinikmati dengan perahu wisata. Seakan belum cukup, keindahan ini disempurnakan lagi dengan muara sungai. Muara sungai yang meliuk sepanjang 150 meter membelah pasir pantai.

Bagi sebagian orang, kawasan pantai Soge ini mirip dengan Great Ocean Road di Australia. Great ocean road adalah jalan sepanjang pantai Selatan ke Timur Australia. Jalan tersebut membentang antara Kota Victorian Torquay dan Allansford.

Pesona keindahan Pantai Soge di Pacitan ini sudah bisa dilihat bahkan sebelum menginjakkan kaki di pasir pantainya yang putih. Suasana Pantai Soge ini agak mirip dengan pantai Senggigi di Lombok yang keindahan pantainya bisa dinikmati dari pinggir jalan.

Nah, Keindahan Pantai Soge merupakan perpaduan antara bukit kapur, geometri jalan, pantai, sungai, dan muara sungai.



Lokasi Pantai Soge

Lokasi Pantai Soge secara Administratif terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo/lorok. Jarak tempuh Pantai dari pusat Kota Pacitan kurang lebih 30 menit atau sekitar 24 KM.

Letak pantai yang strategis dengan infrastruktur jalan yang sudah memadai kendaraan besar seprti Bus pun bisa masuk ke area Pantai.

ig/arudewangga


Rute Menuju Pantai Soge

Kondisi aspal jalan menuju pantai Soge terbilang mulus dan halus.

Rute Pantai Soge dari Solo dapat ditempuh dengan perjalanan darat selama kurang lebih 4 jam. Dengan jarak yang ditempuh dapat dibilang jauh, sekitar 150 km. Pengunjung akan tiba di tujuan dari arah barat.

Selain rute di atas, pengunjung juga dapat menuju kesana dengan mengikuti rute dari Ponorogo. Jarak dari ponorogo sendiri sekitar 70 km. Dengan rute ini akan tiba di pantai dari arah timur. Meskipun lebih dekat, akan tetapi diperlukan waktu yang cukup lama juga yaitu sekitar 2 jam.

Baik rute dari Solo maupun dari Ponorogo, jalan menuju Pantai Soge sama – sama berliku tajam. Jalan dihiasi dengan tanjakan dan turunan yang cukup curam. Jadi, berhati – hati lah sepanjang perjalanan. Pastikan kendaraan dalam kondisi siap jalan.

Sebelum sampai di Pantai Soge, pengunjung terlebih dahulu daapt melihat pemandangan alam yang indah. Terlihat jajaran tebing batu yang dihiasi dengan pepohonan hijau nan rindang. Pemandangan ini membuat perjalanan terasa menyenangkan.

Jika berkendara melalui Jalur Lingkar Selatan, pengunjung akan melewati sebuah jembatan yang mirip dengan Sidney Harbour Bridge. Jembatan yang menghubungkan Jalur Lingkar Selatan (JLS) ini dijadikan ikon Kabupaten Pacitan dan diberi nama Jembatan Soge. Jembatan ini seakan menjadi menu pembuka bagi wisatawan yang melalui Jalur Lingkar Selatan sebelum menikmati keindahan Pantai.


Jam Buka Pantai Soge

Tidak ada ketentuan pasti mengenai jam buka dan tutup pantai ini.


Tiket Pantai Soge

Tiket masuk Pantai sebesar Rp 2.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk dewasa Rp.3.000. Harga tiket berbeda di akhir pekan dan hari libur. Rp 3.000 untuk anak-anak dan 5.000 untuk dewasa.


Fasilitas Wisata Pantai Soge

Meskipun pantai ini sudah lumayan ramai oleh pengunjung, namun fasilitas pendukung masih seadanya. Hal ini mungkin berhubungan dengan tipe pengunjung. Pengunjung pantai ini, sebagian besar hanya karena mampir.


Danau Alami

Di pantai Soge ini pengunjung tidak sekedar berdiri memandangi ombak di tepian pantai, bermain air. Juga tidak sekadar nongkrong di bawah pohon kelapa sembari menikmati sajian es kelapa muda. Di pantai ini ada wahana hiburan yang bisa dinikmati oleh pengunjung, wahana itu adalah ”danau kecil”.

ig/fredho27

Danau ini berair asin. Air itu berasal dari ombak yang tidak sepenuhnya kembali ke laut saat sedang surut. Danau kecil ini dipisahkan dengan laut oleh gundukan pasir putih. Danau ini tidak terlalu luas. Namun cukup luas untuk manuver speed boat ataupun perahu wisata. Ke dua fasilitas itu yang disewakan sejumlah nelayan setempat.

Tak heran jika danau kecil berair payau ini menjadi salah satu paforitpengunjung. Selain posisinya yang teduh di pinggiran kebun kelapa, Biaya sewa perahu juga murah. Hanya dengan biaya Rp 15.000 per orang, pengunjung bisa menyewa jasa perahu wisata mengitari danau.

Jembatan
Jika berkendara menuju pantai ini melalui Jalur Lingkar Selatan, pengunjung akan melewati sebuah jembatan yang mirip dengan Sidney Harbour Bridge. Jembatan yang menghubungkan Jalur Lingkar Selatan (JLS) ini dijadikan ikon Kabupaten Pacitan dan diberi nama Jembatan Soge. Jembatan ini seakan menjadi menu pembuka bagi wisatawan yang melalui Jalur Lingkar Selatan sebelum menikmati keindahan Pantai.

ig/sharita_miranda

Jembatan Soge di salah satu ruas jalur lintas selatan setempat yang dibuat futuristik. Desain konstruksi jembatan didominasi pipa lengkung di bagian atasnya sehingga menyerupai rangka kubah raksasa. Banyak pengunjung dan juga warga lokal yang sengaja berhenti di sekitar jembatan Soge. Jembatan yang panjangnya sekitar 50 meter ini sering digunakan untuk sekadar berfoto. Selain itu dari atas jembatan juga bisa menikmati pantai dari celah alur muara Sungai Soge.


ig/ayudypratama


Pantai Soge adalah salah satu bukti nyata, mengenai betapa cantik nya negeri ini. Keindahannya bisa melenakan pikiran, untuk relaksasi sejenak dari kesibukan harian. Ayo berkunjung ke pantai Soge, dan nikmati pengalaman akan keindahan yang tak tergantikan ini.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>